Selasa, 02 Oktober 2012

PROGRAM KEGIATAN PENGEMBANGAN JARINGAN IRIGASI DESA ( JIDES ) GAPOKTAN TANIMULYA TAHUN ANGGARAN 2012


REALISASI PROGRAM JIDES GAPOKTAN TANIMULYA TAHUN ANGGARAN 2012
Foto lokasi kegiatan JIDES 0%
Foto lokasi kegiatan JIDES 100 %
 Awal tahun 2012 ini, Gapoktan Tanimulyo Desa Jatimulyo mendapat alokasi Bantuan Sosial Pemerintah melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Kebumen dalam program Pengembangan Jaringan Irigasi Desa ( JIDES ) sebesar Rp. 40.000.000,- .
Sesuai dengan rencana, bantuan tersebut akan digunakan untuk merehabilitasi saluran irigasi di blok Talang Jatimalang Wetan Desa Jatimulyo sepanjang  + 150 meter. Kontruksi pembangunan akan menggunakan konstruksi pasangan batu, melihat kondisi lokasi yang sebagian merupakan tanah labil yang rawan longsor.
Dikarenakan saluran yang akan direhab adalah saluran utama dalam pengairan lahan pertanian di daerah tersebut, maka pengerjaan proyek baru dilaksanakan akhir Agustus 2012, menunggu selesainya masa panen kedua tahun ini, dan selesai sebelum akhir September.
Adapun tujuan dan  sasaran pengembangan jaringan irigasi ini adalah untuk lebih mengoptimalkan potensi lahan dengan terbangunnya jaringan irigasi desa dengan harapan akan meningkatkan produktivitas pertanian khususnya padi, dan tentunya hal ini akan lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat petani di Jatimulyo.
Pelaksanaan proyek ditangani langsung oleh sebuah tim bentukan Gapoktan Tanimulyo, dan melibatkan masyarakat khususnya di sekitar lokasi kegiatan. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan proyek ini terbilang cukup tinggi, ini bisa dilihat dari bentuk swadaya baik materi maupun non materi yang diberikan, hingga rencana proyek yang dianggarkan untuk panjang 150 meter terealisasi lebih dari 180 meter lebih.

Foto lokasi kegiatan JIDES 0%
Foto lokasi kegiatan JIDES 100 %


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label