Kamis, 29 November 2012

Mata lebih sehat berkat kembang teleng

kembang teleng
Tanaman Berkhasiat Obat untuk mengobati sakit mata tidak banyak, mata lebih sehat berkat kembang teleng, sesuatu cara yang telah dipraktekkan secara turun temurun dari nenek moyang, dilakukan bukan berdasarkan refrensi dari hasil suatu analisa ilmiah modern, justru hidup ditengah kearifan lokal yang bernama tradisi yang bersifat tradisional oleh nenek moyang jaman dahulu, tetapi berdasarkan kebiasaan atau prilaku yang di ikuti dengan adanya suatu keyakinan.
Kembang teleng yaitu bunga yang dihasilkan oleh tanaman yang memiliki nama latin Clitoria ternatea

Spesifikasi tanaman 

mata lebih sehat berkat tanaman kembang teleng yang memiliki spesifikasi sebagai berikut


  • Nama Inggris Butterfly pea, ordofan pea, blue pea, Asian pigeon-wings
  • Nama Indonesia Bunga biru
  • Nama Lokal Bunga biru (Malay), kembang telang (Jawa, Sunda), Bunga telang (Makassar), Bunga temenraleng (Bugis), Saya ma gulele (Ternate), Bisi (Halmahera Utara)
  • Tumbuhan ini tergolong ke dalam familiLeguminosae atau kacang-kacangan,merambat dan membelit.daunnya bersirip ganjil. Daun pelindungnya berjumlah 2-3 pasang berbentuk telur atau jorong. Permukaan daun dan batangnya berbulu. Untuk bunganya, warnanya biru, jarang berwarna putih.
  • Bentuknya seperti kupu-kupu atau buterfly, jumlah bunganya biasanya terdapat beberapa tangkai, sedangkan di ketiak daun berjumlah satu bunga. Bila bunga dibuahi, maka dihasilkan polong yang berbentuk garis lebar, dan tipis. Di dalamnya terdapat banyak biji. Bentuk bijinya tak berlipat dan terdapat pusar biji.
  • Penyebaran secara alami tanaman ini di daerah wilayah Nusantara adalah Jawa, Sunda, Maluku, Ternate, Sulawesi Selatan. 
  • Habitat Kembang teleng (Clitoria ternatea) sering ditemukan hidup menjalar di pagar-pagar rumah di pedesaan. Tempat yang cocok untuk hidupnya adalah di dataran rendah hingga ketinggian 700 meter.
  • Perkembang biakan dapat diperbanyak dengan biji
Tanaman berkhasiat obat yang membuat mata lebih sehat berkat kembang teleng adalah contoh dari manfaat tanaman ini

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Label