Senin, 23 April 2012

MANCING BARENG GAPOKTAN TANIMULYA



mancing bareng gapoktan tanimulya
Ratusan Peserta Mancing Bareng Gapoktan Tanimulya.

Kegiatan “Mancing Bareng” yang diselenggarakan oleh Gapoktan Tanimulya di komplek pemancingan Bodong Desa Jatimulyo pada hari Minggu, tanggal 22 April 2012 berlangsung sukses dan lancar. Ratusan orang dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pemancing profesional, atau sekedar peng-hobbi mancing, bahkan anak-anak berbondong-bondong mendaftarkan diri mengikuti event ini.
Dukungan juga diberikan PemDes Jatimulyo dan pihak-pihak sponsor pada event ini, puluhan doorprize disiapkan untuk peserta Mancing Bareng semakin menambah antusias masyarakat mengikuti event ini, terlebih dengan biaya pendaftaran yang relatif terjangkau, Rp. 10.000/peserta. Seluruh tiket peserta hampir semua terjual dalam kegiatan yang dilaksanakan dalam dua tahap (pagi dan siang).
Awal  tujuan dari kegiatan event ini sebenarnya adalah realisasi salah satu program kerja Gapoktan Tanimulya yaitu membantu memasarkan hasil budidaya masyarakat petani ikan di wilayah Desa Jatimulyo, hanya saja kemudian berkembang ide  untuk menjadikan proses pemasaran ikan ini sebagai sebuah event yang mengikutsertakan masyarakat sambil mengkampanyaken program gemar makan ikan, dan sosialisasi bahaya penangkapan ikan menggunakan zat kimia maupun setrum yang tidak hanya merusak lingkungan, tapi juga kesehatan.
Pada kegiatan ini juga diselenggarakan pemasaran ikan langsung kepada masyarakat dengan harga pasar, dan tanpa diduga animo masyarakat pada kegiatan inipun luar biasa, buktinya panitia kekurangan stock ikan yang dipasarkan beberapa jam setelah kegiatan ini dimulai.
Kesuksesan event perdana  ini menjadikan Gapoktan Tanimulya merencanakan program serupa sebagai agenda kegiatan di masa mendatang, terlebih banyak dukungan dari masyarakat luas akan kegiatan yang mereka nilai sangat positif ini, karena selain sebagai sarana untuk menyalurkan hobbi memancingnya banyak pula dari masyarakat menjadikan event ini sebagai ajang rekreasi keluarga. Dari sisi masyarakat petani ikanpun merasa sangat terbantu dalam pemasaran hasil budidanya.
Hanya saja untuk menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin, masih banyak hal yang perlu dibenahi oleh panitia penyelenggara dalam hal ini Gapoktan Tanimulya. Minimnya sarana dan fasilitas pendukung  di sekitar kolam pemancingan menjadi pekerjaan rumah besar bagi Gapoktan Tanimulya untuk segera dipikirkan untuk menjadikan Komplek Bodong sebagai  tempat  pemancingan yang layak dan memenuhi standar,  dan tentunya hal ini tidak bisa semata-mata dilakukan oleh Pengurus Gapoktan Tanimulya, butuh dukungan lebih dari PemDes Jatimulyo dan Pemerintah melalui dinas yang terkait.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label