Minggu, 24 Februari 2013

MEMBUAT SCORE / BOOSTER PADI ORGANIK

Praktek pembuatan score / booster padi organik oleh PPL dan KKN Posdaya UNSOED



Ketika terdengar kalimat “ score = booster padi “ secara otomatis kita akan mengingat sebuah fungisida yang diproduksi PT Syngenta berbahan aktif difenokonazol, sebuah product yang mampu mencegah serangan jamur pada tanaman padi ( walaupun tidak semua jamur bisa diatasi dengan product tersebut ) akan tetapi efek positif penggunaan score tersebut dalam takaran yang disarankan adalah efek booster pada bulir padi yang diaplikasikan. Bulir padi terlihat lebih bening, kuning atau bersih sehingga disebut sebagai booster padi. 








Akan tetapi tahukah anda?, dari berbagai penelitian ternyata ada sebuah cara membuat fungisida secara organik dengan bahan-bahan yang ada disekitar kita yang jika diaplikasikan nantinya juga akan memberi efek booster pada bulir padi yang diaplikasikan.
Bahan pembuatan booster padi/ score organik :
  1. 1/4 kg telor ayam atau bebek
  2. 1/2 kaleng susu kental manis
  3. 100 ml madu murni
Cara membuat booster padi/ score organik  :
  1. Campurkan semua bahan
  2. Blender hingga mengeluarkan busa
  3. Masukkan dalam botol yang tertutup rapat
Cara menggunakan booster padi/ score organik :
  1. Semprotkan pada tanaman padi ketika umur 30, 45 dan hst
  2. Konsentrasi penggunaan adalah 6 - 7 sendok makan per tangki atau sekitar 2 ml/ liter air
Sisa booster padi organik yang tidak habis jangan dibuang, tapi simpan saja dalam botol tersebut. Yang penting botol harus tertutup rapat dan jika terjadi fermentasi dicirikan dengan mengembangnya botol maka tiap pagi harus dibuka sebentar dan dikocok - kocok agar tekanan dalam botol keluar sehingga botol tidak meledak. Jika sudah tidak terjadi fermentasi lagi tidak perlu dibuka tiap hari.
Walaupun score organik yang kita buat tersebut kurang mampu mengendalikan penyakit pada tanaman padi, tetapi lebih ke fungsi mensuplai kebutukan unsur hara. Dengan tercukupinya kebutuhan unsur hara pada tanaman akan membuat tanaman sehat dan tahan terhadap serangan penyakit. Selain itu, jika suplai unsur hara cukup maka pengisian bulir padi juga akan maksimal sehingga bulir-bulir padi akan terlihat montok dan mengkilap.Dan pastinya dari segi ekonomis, biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan score ini jauh lebih murah daripada kita membeli score kimia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label