Jumat, 31 Mei 2013

Masyarakat Jatimulyo menebar benih ikan di Sungai Bakung, sebuah bentuk kepedulian lingkungan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kebumen saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat
Berawal dari kegalauan masyarakat dan kebutuhan fasilitas hiburan alam ( khususnya mancing ), Kamis  30 – Mei – 2013 kemarin, sekelompok masyarakat Desa Jatimulyo yang terwadah dalam PokMasWas Sungai Bakung, mengadakan event tebar benih ikan di Sungai Bakung sekaligus sosialisasi UU no 31 Tahun 2004 tentang Perikanan khususnya Bab XV Pasal 84 Ayat 1.
Kegiatan yang awalnya murni swadaya ini ternyata mendapat apresiasi luar biasa dari berbagai kalangan, Pemda melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kebumen serta merta mendukung kegiatan ini dan ikut menyumbangkan benih ikan. Ada pula beberapa anggota DPRD Kab. Kebumen yang ikut hadir dan memberi dukungan pada event tersebut, jajaran Muspika Kec. Alian serta pihak Pemerintahan Desa Jatimulyo juga terlihat hadir di acara tersebut.
Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Kebumen yang diwakili oleh Bp. Ir. Prapto Purwanto selaku Ka. Bid Kelautan menyampaikan perlunya kesadaran masyarakat akan bahaya penggunaan bahan kimia dan telarang dalam hal penangkapan ikan, karena selain merusak lingkungan dan ekosistem, akan tetapi juga memberi dampak negatif kepada manusia sebagai konsumen. Dan demi mengantisipasi kegiatan-kegiatan ilegal dalam penangkapan ikan, Pemerintah telah mengaturnya dalam UU no 31 Tahun 2004 tentang Perikanan khususnya Bab XV Pasal 84 Ayat 1 yang mengatur ketentuan pidana penggunaan bahan kimia dan terlarang dalam penangkapan ikan.
Harapan dari kegiatan ini adalah adanya ketegasan dan tindak lanjut dari pihak berwenang baik itu Pemerintah Desa maupun aparat hukum, dalam penegakkan hukum mengenai pelanggaran-pelanggaran penangkapan ikan dengan cara ilegal, agar nantinya kerusakan lingkungan dan ekositem ikan di alam bisa dicegah, dan para penghobi mancingpun nantinya tidak lagi bingung mencari alternatif tempat mereka menyalurkan hobinya.
Selain acara sosialisasi dan penebaran 15.000 ekor benih ikan di aliran Sungai Bakung, acara dimeriahkan dengan mancing bareng gratis yang diikuti para penghobi mancing di seputar Kebumen. 
Wahidun Kusniyanto ( Koord. PokMasWas Sungai Bakung - Jatimulyo )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label